Dia

Dia

"Man, lu ngajak nonton filem apaan nih? Malem gini pastinya midnight premiere yah?" Tanya Agus.

"Tenang, udah pasti Horror Sci-Fi, baru nih, tayang perdana. Lu tau perdana kan." Jawab Rendra.

"Ah, sial lu, gw pikir filem normal macam Titan-C." Timpal Yodi.

"Halah lu doyan nonton si mbak Rose bugil doang pake bilang filem normal segala!" Cela Gusti.

"Perdana? Gw taunya Perdata & Pidana. Mata kuliah gw tuh." Ujar Frans sambil mikir, dan kami tertawa riuh.

Ya, kami ber-7 baru saja naik ke lantai dua sebuah mall yang cukup luas, menuju bioskop yang jumlah kursinya ga cukup banyak.

"Dani bro, kapan lu mo beli jaket kulit? Tuh diseberang ada, cakep pula. Ntah harga ya!" Tanya Agus sembari menunjuk ke arah manekin display toko baju diskonan.

"Blon cukup duitnya man, kan gw lagi nyusun skripsi, penelitiannya bikin habis ongkos bolak-balik grogol-kota buat beli komponen." Jawab gw sambil naik ke lantai tiga.

"Frans, cewe cakep noh. Dadahin doong." Canda Rendra

"Hey cewek! Kamu can..." Panggil Frans dengan godaan khasnya, sayang terpotong karena tersandung tangga masuk area bioskop dan kami tertawa hebat.

***

"Huuuaaaaaaaa......... Jam berapa sih ini, pegel beneeeeerrrrr..." Tanya frans sambil menguap.

"Jam setengah dua bro, ayo para supir minum ini biar ga ngantuk." Ujar gusti sambil ngeluarin dua buah kopi kaleng dari jaketnya.

"Ebuset itu jaket isinya apa'an aja bro?" Tanya Yodi.

"Cukuplah buat ngemil tanpa ketahuan petugas satpam bioskop, ya ngga!" Timpal Rendra sambil menepuk bagian perut jaketnya Gusti, "Gile... Ini minuman kaleng banyak bener, bagi dong! Ngantuk juga nih mata gw."

"Salah filem nih, ga ada romance-romancenya. Balikin duit gw!" Gerutu Agus.

"Ngape Gus? Lu pikir filem Horor Sci-Fi pake adegan nganu2an? Yang ada bugil pas udah ancur badannya! Horor bro!" Jawab gw dan semua ngakak.

Kami bergerak turun ke Lantai dua saat tiba-tiba Agus bilang "Dan, lu ngeh ga kalo manekin yg tadi pake jaket kulit, udah bugil?"

"Perhatian amat lu? Ya mungkin besok bakal di display pake kaos kali." Jawab gw sekenanya sembari nyruput kopi kaleng.

"Kayanya beda pose dari yang sewaktu tadi lewat sini yah?" Tanya Agus lagi, serius.

"Gus, lu pikir kalo copot baju dari manekin emang posenya ga berubah? Ada-ada aje lu malem-malem gini." Jawab gw sedikit sebel.

"Anjrit!" Teriak Yodi, semua terdiam. "Nape Yod? Tanya Agus bingung.

"Lu pada ngomongin manekin, itu manekinnya gerak bos." Jawab Yodi gemetaran.

Semua menoleh ke arah kanan dan manekin itu berdiri didepan toko, melihat kearah mereka.

"OOOOOAAAAAA SSHIIIIIITTTTT!!!!!! LARIIIIII!!!!" Komando gw sambil teriak sejadi-jadinya.

Kami ber-7 lari menuju escalator menuju lantai dasar, dan berpapasan dengan seorang satpam.

"Pak, pak....a..ada nganu... nganuan di toko anu diatas pak, trus dia.... nganu lah... Trus kita lari karena .... nganu, serem pak. Tolong pak!" Kata Agus ngos-ngosan.

Ya, pada dasarnya, siapa juga yang ngga ngos-ngosan kalo dikejar manekin.

"Tunggu, adek-adek ini kenapa? Tanya pak satpam minta penjelasan.

"Gini pak, pak? Loh kemana si bapak satpam?" Tanya Rendra kaget dan bingung.

"Wanjritt!!! LLARIIII!!" teriak Yodi menambah panik kita ber-7.

"Alhamdulillah pintunya ga kekunci, Alhamdulillah!!!" Teriak Gusti, "Langsung ke mobil!" Perintah Gusti.

Semua berlari secepat kemampuan mereka ke parkiran mobil yang lampunya temaram. Agus masuk ke mobilnya, berikut dengan gw. "Gus, konvoian yah! Kerumah gw dulu. Serem nih sendirian!"

"Ogah, gw musti ngedrop yang laen, cabut!!!"

"Ya elah Gus." Gerutu gw.

Agus di tempat bayar parkir langsung cabut setelah ngasih duit ke mbak-mbak penjaga parkiran. Giliran gw, "Ini mbak, bayar berapa?" Sembari nyerahin tiket parkir.

"Enam Ribu pak." Jawab si mbak. Gw langsung bayar sepuluh ribu, kemudian dibalikin duitnya plus bukti pembayaran parkir.

Gw masukin mobil ke gigi satu, tapi ga kuat. Tiba-tiba berasa kesemutan di seluruh tubuh. Saat gw angkat tangan gw lihat tangan gw, jadi tangan manekin.

***

"Pak! Pak! Sadar pak!" Sayup-sayup suara

Melek saat itu berat bener. Tapi akhirnya melek. "Mbak?"

"Pak, bapak barusan pingsan? Atau tertidur?"

"Ngga tau. Tadi saya udah bayar kan?" Tanya gw

"Udah pak, silahkan." Kata si mbak senyum ramah.

Gw langsung menuju rumah.

***

Pagi esoknya,

"Rese bener lu Gus pake ninggalin gw!"

"Sorry man, gw takut bener." Kata Agus membela diri.

"Trus lu dimobil ber-6 lu drop satu2 sampek rumah? 5 kali drop?" Tanya gw interogasi.

"Iya dong. Eh tapi, gw cuma ngedrop 4 kali, si Yodi, si Rendra, si Gusti & si Frans.... Kok cuma 4 yah?"

"Gus, siapa yg ke-7? Nih liat potongan tiket kemaren, 7 kan? Trus kmaren deretan kita ga ada bangku kosong kan?" Tanya gw.

Dan, kami ber-6 terdiam.

20 tahun kemudian, ga satupun dari kami ber-6 ingat siapa dia yang ke-7.

----------------------
75% true story, nama mall, filem dirahasiakan, settingan tahun 1998-2000, gw agak lupa persisnya tahun berapa. Trus ya, ga semua di cerita diatas kejadian bener sih. Bwt yang baca dan tau cerita gw, maap ya, nama2 gw ganti semua.

Comments

Post a Comment

Popular Posts